Selasa, 08 Mei 2012

Manfaat Daun Sirih


Manfaat Daun Sirih Manfaat daun sirih sudah dipercaya oleh nenek moyang kita untuk kesehatan.
Ciri khas tanaman tropis ini adalah berbatang bulat hijau keunguan dan tidak berbunga. Permukaan daun sirih merah mengkilap dan tidak merata serta sebagai produksi teh merah bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing.
 Zat yang terkandung di dalamnya : hidroksikavicol, minyak atsiri, kavicol, kavibetol, allylpirokatekol, cineole, caryophyllene, cadinene, estragol, terpennena, fenil propane, tannin, diastase, gula, pati dan masih banyak lagi.

Manfaatnya antara lain :

  • Menghilangkan bau mulut tak sedap

Caranya rebus beberapa lembar daun sirih hingga mendidih, kemudian diamkan sampai hangat, gunakan air rebusan tersebut untuk kumur-kumur. Anda juga bisa langsung mengunyah selembar daun sirih untuk menghilangkan bau mulut.

  • Mengobati mimisan

Caranya gulung selembar daun sirih dengan tujuan mengeluarkan minyaknya. Setelah itu masukkan ke hidung untuk menyumbat aliran darah yang keluar.

  • Mengobati keputihan 

Caranya rebus 7-10 lembar daun sirih menggunakan 2,5 liter air sampai mendidih. Kemudian setelah air menjadi hangat, gunakan untuk membasuh dan membersihkan kemaluan secara berulang-ulang. Untuk lebih praktis, Anda bisa menggunakan sabun atau pembersih yang menggunakan bahan sabun sirih, yang lebih populer di sebut dengan sabun sirih. 

  • Mengatasi Jerawat Membandel

Intinya daun sirih mengandung bahan-bahan antiseptik dan antibiotik yang mampu untuk membunuh kuman-kuman penyebab jerawat. Ambil beberapa lembar daun sirih (5-7 lembar), cuci bersih kemudian rebus dalam 1 liter air. Diamkan sejenak hingga terasa suam-suam kuku. Basuh air rebusan sirih ke seluruh wajah (terutama areal yang berjerawat). Biarkan air mengering dengan sendirinya di wajah. Lakukan cara ini secara rutin setidaknya 2 kali sehari (bangun dan sebelum tidur). Rasakan manfaatnya dalam beberapa minggu. Jerawat akan berkurang dan wajah kembali berseri dengan cara alami.


Sumber : seo-mercon, lovely today.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar